Senin, 19 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                      : SMA
MATA PELAJARAN     : PKn
KELAS                            : X
SEMESTER                    : I
TAHUN PELAJARAN   : 2011/2012

A.     STANDAR KOMPETENSI
Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

B.     KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara

C.     INDIKATOR
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
Mengamalkan pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara

D.     ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E.      MATERI PEMBELAJARAN
Bangsa dan Negara
Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
Rakyat
Wilayah
Pemerintah yang berdaulat
Pengakuan dari negara lain

F.      METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali unsur-unsur terbentuknya negara

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagi makhluk individu dan makhluk sosial

Siswa mendiskusikan hasil kajian leiteratur pengerjian dan unsur terbentuknya bangsa, pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya negara.

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H.     SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I.       PENILAIAN
1. Teknik                      : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen      : Uraian
3. Soal instrumen           :
     1. Apa yang dimaksud manusia sebagai makhluk sosial?
     2. Mengapa manusia tidak dapat hidup sendiri?
     3. Jelaskan pengertian negara menurut J.H.A. Logemann?
     4. Jelaskan sifat hakekat negara?
     5. Jelaskan tahap-tahap terjadinya negara secara primer?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar