Selasa, 03 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKN SMP

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Ajaran : 2009 – 2010

Standar Kompetensi :

- Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara

Kompetensi Dasar
:

- Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan, yang berlaku dalam masyarakat
- Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warganegara
- Menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara

Indikator :

- Menjelaskan makna norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
- Menjelaskan makna pentingnya peraturan perundang-undangan bagi warga masyarakat
- Memahami hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara
- Memahami dan menerapkan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran (9 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan, yang berlaku dalam
masyarakat
- Siswa dapat menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warganegara
- Siswa dapat menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

B. Materi Pembelajaran
Norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Pertemuan ke-1 s.d. 3
1. Dalam setiap kehidupan masyarakat diperlukan aturan-aturan, demikian pula pada keluarga, aturan-aturan tersebut
disepakati dan harus dipatuhi bersama dalam setiap kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam keluarga
2. Ada beberapa macam norma, yaitu: norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma hukum

Pertemuan ke-4 s.d. 6
3. Hukum diciptakan untuk mewujudkan ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat melalui upaya penciptaan
kepastian hukum
4. Fungsi hukum adalah untuk melindungi kepentingan orang lain
5. Tujuan hukum adalah menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat yang bersendikan pada keadilan, yaitu
asas-asas keadilan masyarakat tersebut
6. Setiap warga negara harus menunjukkan sikap yang mencerminkan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku

Pertemuan ke-7 s.d. 9
7. Kepatuhan terhadap norma-norma yang berlaku sangat diperlukan untuk menciptakan ketertiban dan ketenteraman
hidup bermasyarakat
8. Setiap warga negara harus senantiasa bersikap dan bertingkah laku mencerminkan kepatuhan terhadap norma yang
berlaku di dalam masyarakat antara lain: lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, kehidupan berbangsa dan
bernegara

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1 s.d. 3
Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diberi pertanyaan terkait norma
2. Siswa diberi cerita kejadian di lingkungan sekitar tentang aturan yang berlaku
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami hakikat normanorma,
kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat

Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal siswa diajak memahami tujuan adanya norma yang berlaku dalam
masyarakat
3. Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan macam norma-norma di sekitar
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang
berlaku dalam masyarakat pada buku lks dan buku penunjang lainnya

Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
WAJAR/PKBM/1/GA - RG 2 Graha Pustaka

Pertemuan ke-4 s.d. 6
Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diajak mengingat arti hukum
2. Siswa diberi pemahaman mengenai beberapa definisi hukum
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami hakikat dan
arti penting hukum bagi warga negara

Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian hukum
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh memahami tentang tujuan adanya hukum
3. Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan arti penting hukum bagi warga negara
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara pada buku lks
dan buku penunjang lainnya

Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke- 7 s.d. 9

Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diajak mengingat arti norma/hukum
2. Siswa diberi pemahaman mengenai beberapa contoh norma
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami penerapan
norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara

Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami sikap-sikap kepatuhan terhadap norma
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh memahami tentang sikap dan tingkah laku yang mencerminkan kepatuhan
terhadap norma yang berlaku di dalam masyarakat
3. Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan manfaat kepatuhan terhadap norma dan hukum
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang penerapan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
pada buku lks dan buku penunjang lainnya

Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

E. Alat dan Bahan
1. Alat : Informasi dari media massa tentang norma dan hukum
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- Buku lain yang relevan
- Lks Wajar

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Apa yang dimaksud dengan hukum?
2. Hukum waris termasuk di dalam hukum ....
a. tertulis b. publik c. pidana d. privat
3. Berikan contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan di lingkungan masyarakat!
4. Warga negara yang taat membayar pajak berarti ....
a. orang yang berjiwa mulia c. warga negara yang baik
b. warga negara yang mulia d. warga negara yang sadar akan kewajibannya
5. Identifikasikan tiga cara mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar