Selasa, 03 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKN SD




                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)


Standar Kompetensi            
Mengamalkan makna sumpah pemuda.

Kompetensi Dasar                
Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian kerja sama.
2.      Menjelaskan manfaat kerja sama.
3.      Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.      Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.      Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.      Melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.      Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.      Menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.      Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10.  Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Alokasi Waktu                       :     6 x 35 menit (3 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2.   Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3.   Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.   Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.   Siswa dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.   Siswa dapat melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.   Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.   Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.   Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

B.  Materi Ajar
1.   Kerja sama.
2.   Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Diskusi kelompok.
4.   Diskusi kelas.
5.   Tanya jawab.
6.   Ceramah.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan tim yang pernah dilakukan di sekolah.
c)   Mengajak siswa menceritakan pengalaman mereka melakukan kegiatan dalam suatu tim di sekolah.

2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta mengamati gambar di halaman 2 dan 3 tentang pertandingan tim bola basket kelas Dina.
b)      Guru menunjuk dua sampai tiga siswa untuk bergiliran membacakan bacaan dalam buku (bacaan berjudul ”pertandingan basket” halaman 2).
c)      Menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 3.
d)     Guru menjelaskan pengertian kerja sama dengan memberi contoh pada bacaan ”pertandingan basket”.
e)       Semua siswa diminta berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut dengan teman sekelompoknya.
·         Manfaat kerja sama.
·         Akibat tidak mau bekerja sama.
·         Contoh-contoh kerja sama yang dapat dilakukan di sekolah.
·         Contoh-contoh kegiatan sekolah yang tidak boleh dilakukan dengan kerja sama.
f)       Guru menjelaskan bahwa diskusi yang siswa lakukan dalam kelompok merupakan salah satu bentuk kerja sama.
g)      Guru menjelaskan cara berdiskusi yang baik.
h)      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hasil diskusi kelompok.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Guru mengajak semua siswa mengambil kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
b)   Guru mengingatkan kembali siswa mengenai pentingnya kerja sama.
c)   Guru mengingatkan kembali siswa bahwa tidak semua kegiatan dapat dilakukan dengan kerja sama.
d)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang suku-suku yang ada di Indonesia.
c)   Dilanjutkan tanya jawab tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.


2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan tentang sumpah pemuda di halaman 4 sampai 7.
b) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang sejarah terjadinya sumpah pemuda yang diceritakan pada bacaan halaman 4-7.
c)   Guru menceritakan kembali sejarah terjadinya sumpah pemuda.
d)   Menunjuk dua sampai tiga siswa untuk membacakan isi sumpah pemuda.
e)   Menjelaskan bahwa isi sumpah pemuda harus selalu diterapkan oleh siswa pada masa sekarang.
f)   Menjelaskan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” sebagai inti dari sumpah pemuda dan hubungannya dengan Bhinneka Tunggal Ika.
g)   Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan pertanyaan pemahaman dan ayo bercerita di halaman 7.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Ketiga
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” (tanpa melihat buku).
c)   Menceritakan pentingnya memahami makna isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa”.

2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 8 dan 9.
b)   Guru menceritakan kembali bacaan ajang budi pekerti halaman 8 dan 9 tentang kelima jari tangan yang pada akhirnya menyadari pentingnya kerja sama dan saling menolong.
c)   Melakukan tanya jawab pertanyaan pemahaman halaman 9.
d)   Meminta semua siswa berkelompok dengan empat sampai lima teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut.
·   Hubungan kerja sama dengan isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
·   Makna isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” bagi siswa pada masa sekarang.
·   Mengapa sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” perlu diketahui dan dipahami maknanya oleh bangsa Indonesia, bahkan pada masa sekarang.
e)   Guru meminta perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya.
f)   Guru menjelaskan cara mengutarakan pendapat dengan baik
g)   Guru meminta setiap kelompok memberi pendapat atau komentar tentang hasil diskusi kelompok lain.
.

     

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 1-3, 4-9.
2.   Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
               Teknik                    :  tugas kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen       :  penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja.


Contoh Instrumen       :    
1.   Manfaat kerja sama adalah ....
      Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ....
      Kerja sama di sekolah misalnya ....
      Kegiatan di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya ....
      Saya dan teman-teman bekerja sama dalam ....

2.   Sebutkan isi sumpah pemuda.
 
                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar